Wednesday, December 10, 2014

Ini Sebab Terjadinya dan Tipe Osteoporosis yang Wajib Anda Ketahui

Ini Sebab Terjadinya dan Tipe Osteoporosis yang Wajib Anda Ketahui
Sebab dan cara mengatasi osteoporosis – Salah satu penyakit yang ditakutkan oleh setiap orang menjelang usia yang senja adalah osteoporosis. Penyakit ini ditandai dengan penurunan kepadatan tulang, di mana tulang menjadi berpori,sehingga orang dengan penyakit osteoporosis sangat rapuh dan rentan terhadap trauma, dan rentan juga terhadap fraktur. Pada umumnya mempengaruhi orang tua terutama setelah menopause, dan di dominasi oleh perempuan atau sekitar 75%
Peningkatan risiko fraktur tulang terjadi pada penyakit ini, terutama dari pinggul, pergelangan tangan dan tulang belakang. Penyebab utamanya adalah kurangnya pembentukan tulang baru atau peningkatan penyerapan kembali (re-absorption) tulang lama.
Berikut berbagai penyebab kemungkinan terjadinya Osteoporosis.
1.    Kurangnya hormon dalam tubuhnya (Pada wanita kekurangan hormon estrogen dan pada pria kekurangan hormon androgen)
2.    Kurang kalsium dan vitamin D (kurangnya asupan kalsium dan asupan vitamin D di dalam tubuh, dapat menyebabkan osteoporosis dan Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium pada tulang)
3.    Ada penyebab lain seperti kanker tulang yang dapat menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang, kurangnya latihan fisik atau olahraga, faktor keturunan,lamanya penggunaan obat obatan steroid atau karena penyakit thyroid
Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk mencegah osteoporosis dan mempertahankan Tulang yang sehat (meningkatkan kepadatan tulang) :
1.      Pertama, Diet ( seperti makan makanan yang banyak mengandung kalsium seperti, lemak non yoghurt, keju, susu, makanan kaleng seperti sarden, ikan tuna, ikan salmon. Makanlah makanan yang banyak mengandung kalium dan vitamin k, untuk  mencegah kalsium berkurang di dalam tulang. Dan makan kedelai,untuk mempertahankan kepadatan tulang. Tulang yang padat akan mengurangi resiko osteoporosis.
2.      Rutin Olahraga  (olahraga atau latihan fisik dapat meningkatkan stamina, kekuatan dan postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan, sehingga membantu mencegah keroposnya tulang) Keseimbangan dan stamina badan membuat anda terhindar dari keropos tulang.
3.      Hidip sehat, Tidak minum alkohol karena alkohol dapat mencegah penyerapan kalsium dalam tulang, berhenti merokok karena merokok dapat meningkatkan fraktur tulang di usia tua
4.      Tambahkan dengan konsumsi sulpemen diperlukan jika asupan kalsium dan vitamin D3 kurang di dalam tubuh.


Terdapat tiga tipe osteoporosis yang wajib anda tahu adalah
1.        Osteoporosis setelah menopause atau (tipe postmenopause), tanda dari osteoporosis ini adalah perubahan pada tulang belakang yang menyebabkan sakit parah dan fraktur tulang
2.        Tipe Senile atau sering di sebut dengan tipe pikun, pada penyakit osteoporosis jenis ini timbul pada orang tua dengan usia lebih dari 75 tahun dan biasanya sering terjadi fraktur panggul.
3.        Tipe Sekunder, Tipe ini biasanya diakibatkan karena gangguan endokrin seperti diabetes dan hipertiroidisme dan bisa juga disebabkan oleh penyakit sistemik seperti leukemia atau penyakit ganas, atau bisa juga disebabkan oleh therapi yang berbeda, seperti penggunaan obat kortikosteroid atau obat anti kejang.